Senin, 24 Mei 2010

Planet WASP-12b Dimakan Oleh Bintangnya Sendiri (WASP-12)

Planet WASP-12b Dimakan Oleh Bintangnya Sendiri (WASP-12)


Planet WASP-12b, planet terpanas yang dikenal di galaksi Bima Sakti juga mungkin di alam semesta/jagat raya, dimakan oleh bintangnya sendiri (WASP-12). Hal itu didapat dari pengamatan yang dilakukan oleh instrumen baru di Teleskop luar angkasa NASA Hubble, Cosmic Origins Spektrografi (COS). Planet tersebut sangat dekat jaraknya hanya 3,4 juta km dari bintangnya (WASP-12) sangat dekat jika dibandingkan jarak Matahari dengan Merkurius yang 58 juta km. Saking dekatnya, 1 tahun di planet tersebut hanyalah 1,1 hari saja (sangat cepat jika dibandingkan Merkurius yang 88 hari).

Suhu dipermukaannya hampir 2.800 derajat Fahrenheit (1.538 derajat Celcius) dan membentang menjadi bentuk bola dengan kekuatan pasang surut yang sangat besar. Planet telah menggelembung hampir tiga kali jari-jari Jupiter dan menumpahkan material ke bintang. Planet ini 40 % lebih besar dari Jupiter.

Ini disebabkan oleh pengaruh pertukaran materi antara dua objek bintang yang sering terlihat di dekat sistem bintang ganda, tapi ini adalah pertama kalinya terlihat begitu jelas untuk planet.

Gambaran planet WASP-12b yang dimakan oleh bintangnya, WASP-12

“Kami melihat awan besar bahan di sekitar planet yang melarikan diri dan akan ditangkap oleh bintang. Kami telah mengidentifikasi unsur-unsur kimia yang belum pernah terlihat di planet-planet di luar tata surya kita,” kata ketua tim Carole Haswell dari The Open University di Great Britania.

Haswell dan hasil penelitian timnya diterbitkan dalam edisi 10 Mei 2010 The Astrophysical Journal Letters.

Sebuah teori dikemukakan dalam jurnal Nature sains Februari lalu oleh Li Shu-lin Departemen Astronomi di Universitas Peking, Beijing, pertama meramalkan bahwa permukaan planet akan terdistorsi oleh gravitasi bintang, dan bahwa kekuatan pasang surut gravitasi membuat inti planet semakin panas yang sangat memperluas atmosfer di luar planet. Sekarang Hubble telah mengkonfirmasi prediksi ini.

WASP-12 adalah bintang kerdil kuning terletak kira-kira 600 tahun cahaya jauhnya di konstelasi Auriga. Bintang ini ditemukan oleh United Kingdom’s Wide Area Search for Planets (WASP) pada tahun 2008.

Untuk melihat informasi lebih lanjut tentang planet WASP-12b, anda bisa mengklik link berikut http://www.adipedia.com/wasp-12b-planet-yang-paling-panas-di-alam-semesta/

Referensi: http://www.spaceref.com/news/viewpr.html?pid=30865, http://www.universetoday.com/2010/05/20/hubble-confirms-star-is-devouring-hot-exoplanet/

sumber : http://www.adipedia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar